Selasa, 26 Agustus 2014

Ikan Mas Koki Yg Warnanya luntur

kan koki itu banyak sekali jenis dan macamnya, begitu juga dengan warnanya. Ada yang merah, merah putih, hitam, ada juga yang panca warna (calico). Untuk kali ini kita bahas mengenai ikan koki yang berwarna hitam. Ikan koki adalah merupakan jenis ikan yang bisa bermutasi warna. Yang tadinya berwarna merah, bisa saja berubah menjadi kuning. Yang tadinya berwarna hitam, bisa berubah menjadi kuning. Apa penyebab ikan koki warna hitam jadi luntur dan memudar…??? Dibawah ini akan saya jelaskan sesuai yang saya ketahui…
PENYEBABNYA:
Hal pertama akan saya coba jelaskan mengenai Penyebab warna ikan koki (khususnya warna hitam) bisa menjadi luntur/pudar.
Kekurangan sinar matahari
Semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan sinar matahari, entah itu manusia, tumbuhan, maupun binatang. Aquarium didalam ruangan (indoor) biasanya kekurangan suplai sinar matahari. Hal ini bisa membuat warna ikan koki yang awalnya hitam bisa semakin memudar bahkan menjadi kuning. Untuk ikan koki yang berwarna hitam memang membutuhkan sinar matahari yang banyak supaya warnanya tetap terjaga.
Makanan yang mengandung SPIRULINA (pewarna)
Kebanyakan makanan ikan koki yang dijual dipasaran mengandung spirulina agar supaya warna ikan koki menjadi semakin cerah dan menarik. Hal ini kurang bagus untuk ikan koki yang berwarna hitam, karena bisa membuat warnanya berubah menjadi kekuningan bahkan bisa saja menjadi warna orange tua.
image
Contoh ikan koki warna hitam yang luntur/pudar.
CARA MENGATASINYA:
Untuk menjaga agar warna ikan koki kita (khususnya yang berwarna hitam) tetap pekat dan tidak pudar, ada beberapa tips untuk anda.
Peliharalah ikan anda di aquarium luar ruangan (outdoor) ditempat yang terkena sinar matahari minimal 5-6 jam sehari. Apabila tidak memungkinkan, bisa juga anda memakai cara berikut.
Siapkan tempat khusus semacam aquarium atau bak fiber di luar ruangan untuk menjemur ikan anda. Jadi saat warna ikan sudah mulai memudar, segera angkat dan pindahkan ikan tersebut ke tempat yang telah disediakan selama 1-2 minggu supaya warmanya kembali pekat. Setelah warnanya bagus, anda bisa kembali menaruh ikan tersebut kedalam aquarium indoor anda. Mungkin cara ini sedikit merepotkan, tapi cara ini cukup berhasil untuk mempertahankan warna hitam ikan koki supaya tidak luntur/pudar. Sumber: Customer toko.
Selain cara diatas, ada cara lain yaitu memakai Lampu Tanning seperti yang dipakai untuk men-tanning ikan arwana. Biasanya dinyalakan maksimal 6 jam sehari sebagai pengganti sinar matahari. Selain itu, anda juga bisa mengganti bohlam lampu anda memakai lampu yang memiliki tingkat intensitas cahaya yang lebih tinggi, misalnya 10.000 K (kelvin) hingga 20.000 K. Efek samping dari penggunaan lampu jenis ini biasanya akan membuat air menjadi cepat berlumut atau berwarna kehijauan. Jadi kita harus sering-sering melakukan penggantian air.
image
Black ranchu dengan warna yang solid.
Hindari pemberian pakan yang mengandung SPIRULINA dan sejenisnya. Untuk makanan ikan koki yang berwarna hitam, anda bisa memberikan cacing beku, atau pellet lobster yang mengandung protein tinggi=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar