Senin, 25 Agustus 2014

cara merawat ikan Aligator

Apakah kamu tahu mengenai ikan ini?Ada yang tahu ada juga yang tidak pastinya.Ikan ini memiliki moncong panjang seperti buaya dan memliki badan yang panjang,dan terdiri dari berbagai jenis ikan,inilah yang membuat ikan ini menjadi ikan hias.

Deskripsi Singkat
- Longnose gar:Lepisosteus osseus
- shortnose gar:Lepisosteus platostomus
- Spotted gar:Lepisosteus oculatus
- Florida gar:Lepisosteus platyrhincus
- Alligator gar:Atractosteus spatula
- Tropical gar:Atractosteus tropicus
- Cuban gar:Atractosteus tristoechus
- Shortnose gar + Alligator gar
- Longnose gar + Alligator gar
- Florida gar + Alligator gar
- Morphs of Gar the Gold gar
Salah satu Jenis Gar
Gold gar:

Suhu yang di kehendaki oleh ikan ini berkisa 20-250 derajat cecius,untuk memeliharanya di aquarium dibutuhkan berbagai jenis tanaman-tanaman air ( Imitasi atau Buatan ),pasir dan bebatuan karena itu adalah habitat alaminya dan membuat ikan ini tidak gampang stres.Dan jika ingin di satukan dengan ikan lainnya sebaiknya ukurannya seimbang karena ikan ini tidak akan segan-segan untuk menyerang ikan lainnya.Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Pakan
Karena ikan ini adalah ikan karnivora jadi ikan ini dapat di beri pakan berupa pakan-pakan hidup seperti ikan2 kecil,udang,dan beberapa serangga.Yang sangat di rekomondasikan adalah anakan ikan lele daripada pakan dan ikan kecil laiinya.Tapi,tetaplah memberikan pakan yang bervariasi agar ikan kamu tidak bosan dengan makanan yang kamu berikan.

Perkembangbiakan
Perkembangbiakan ikan ini dapat di lakukan di aquarium dan kolam dengan suhu berkisar 25 derajat celius hingga 28 derajat celcius,dengan menggabungkan 2 jantan dan 1 betina.Setelah terjadi pembuahan maka telur akan bersebaran di permukaan air dan akan tenggelam ke dasar air.Ikan ini dapat bertelur hingga 1100 butir.Jika kamu binggung cara membedakan jantan dan betina beginilah caranya:
Betina:Ukuran tubuh lebih besar,sirip anal rata
Jantan:Ukuran tubuh lebih kecil,sirip anal tampak berjumbai
Jika Burayak sudah mulai bermunculan beri makan mereka dengan kutu air dan artemia dan sampai ikan-ikan kecil sesuai dengan besarnya mulut burayak kamu.

Harga:
Pasaran Indonesia:
-Spotted Gar:

    * 10 cm-20 cm:Rp.15.000,00-Rp.20.000,00
    * 20cm- 30 cm:Rp.20.000,00-Rp.45.000,00

-Alligator gar:

    * 15cm- 30 cm:Rp.50.000,00-80.000,00
    * 30cm-40cm:Rp.85.000,00-250.000,00
    * Seterusnya diatas 200 ribu rupiah


dan saya akan memberikan kamu 16 tips fakta unik tentang ikan alligator

Nama alligator berasal dari kata Spanyol ‘el lagarto’ yang berarti ‘kadal’.

Alligator dan kerabat meraka, buaya, merupakan pemangsa yang ditakuti.

Saat ini hanya terdapat dua spesies alligator yang masih bertahan yaitu alligator Amerika dan alligator China.

Fakta Unik dan Menarik tentang Alligator

1. Alligator adalah hewan berdarah dingin. Panjang rata-rata alligator sekitar 4-6 meter sedang beratnya mencapai sekitar 350-450 kg.

2. Alligator memiliki rahang yang sangat kuat dan dengan mudah melumpuhkan mangsa dengan berat lebih dari 900 kg. Dengan bantuan 75 gigi yang kuat, hewan ini mampu memotong leher mangsa besar hanya dalam satu gigitan.

3. Alligator memiliki nafsu makan yang besar. Alligator muda memangsa ikan kecil, serangga, berudu, katak, krustasea, cacing, dan siput. Ikan yang lebih besar, kura-kura, berbagai mamalia, burung, rusa, ular, dan reptil lainnya merupakan mangsa alligator dewasa. Jika tidak menemukan cukup mangsa, alligator akan memakan binatang yang sudah mati.

4. Alligator sering menelan batu yang diyakini membantu mereka menyelam lebih dalam. Kulit alligator yang seperti berlapis membantu melindungi dari salinitas air laut.

5. Alligator Amerika memilih hidup di perairan tawar. Mereka bisa ditemukan menghuni rawa-rawa, lahan basah, sungai, danau, rawa payau, dan laguna.

6. Di alam liar, alligator bisa hidup sampai usia 50 tahun tetapi di kebun binatang, dengan perawatan yang tepat, mereka dapat hidup hingga 75 tahun.

7. Alligator membuat gundukan sarang dekat perairan air tawar. Karena tidak memiliki pita suara, alligator jantan melakukan cara unik untuk menarik perhatian betina. Alligator jantan akan menghisap udara ke paru-paru dan membuangnya keluar dengan keras. Alligator umumnya kawin saat musin semi.
8. Alligator Amerika betina bertelur sebanyak 25 sampai 60 butir. Telur kemudian ditutupi dengan berbagai vegetasi untuk menjaganya tetap hangat.

9. Telur alligator yang menetas pada suhu antara 90-93 derajat Fahrenheit akan berkelamin jantan, sedangkan jika suhu berkisar antara 82-86 derajat Fahrenheit, telur akan menetas menjadi alligator betina.

10. Alligator bisa diam tak bergerak selama berjam-jam. Saat berada di dalam air untuk mengintai mangsa, hanya lubang hidung dan mata yang terlihat di permukan.

11. Alligator memiliki sensor yang terletak di kulit untuk mendeteksi jika ada mangsa yang masuk ke dalam air. Alligator akan menyergap mangsa dengan kecepatan yang mengejutkan.

12. Ekor yang kuat mampu membantu alligator ‘melompat’ hingga 5 meter dari air. Kemampuan ini membantu mereka menangkap mangsa yang bergantung rendah pada cabang diatas air. Setelah tertangkap, alligator akan menarik mangsa ke dalam air dan membuatnya tenggelam.

13. Saat menangkap mangsa yang besar, alligator akan memutar mangsa tersebut dengan rahangnya yang kuat sehingga tercabik menjadi ukuran kecil yang mudah ditelan. Aksi ini disebut sebagai ‘death roll’.

14. Sebagai hewan berdarah dingin, buaya bisa tetap kenyang dengan hanya makan sekali seminggu. Saat mendapatkan mangsa besar, alligator akan menyembunyikan sisa makanan yang belum habis untuk kemudian menyantapnya kembali setelah lapar.

15. Alligator Amerika tidak lagi menjadi spesies yang terancam punah. Berbeda dengan alligator Cina yang hanya tersisa amat sedikit di alam liar.

16. Alligator sebenarnya adalah hewan pemalu dan cenderung melarikan diri ketika bertemu manusia. Tapi ketika merasa terganggu, alligator berpotensi menyerang manusia.[]
oke cuman ini yang bisa saya berikan pada kalian tentang ikan Alligator
semogga bermanfaat bagi kalian yang baca artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar